Merasakan Lebaran Di Negeri Jiran, Malaysia! #MEmoryeah2014

  • Wednesday, December 31, 2014
  • By Muhammad Hafiz
  • 0 Comments


Lebaran tahun ini agak berbeda dari lebaran tahun sebelumnya, ya karena gue lebaran kali ini ada di Negeri Jiran, Malaysia. Pada bulan Mei 2014 gue waktu itu diajak sama saudara gue ke Singapura untuk holiday karena waktu itu pas hari liburan kenaikan kelas, tetapi karena gue ada kunjungan pabrik di Padang, Sumatera Barat akhirnya gue ga bisa ikut saudara gue. Dan ke Padang ini sama teman-teman gue juga plus sama guru pembimbing dan ini kenangan yang paling gue ingat.

Baju Putih : Gue, Baju Biru : Halim, Baju Kuning : Kevin
  Nah akhirnya masuklah bulan Juli dan masuknya bulan Ramadhan. Akhirnya gue lewati bulan Ramadhan dengan hati yang senang* (*ingat bulan Ramadhan ga boleh emosi) nah akhir-akhir bulan Ramadhan akhirnya datang hati pun senang karena mau ngerasa lebaran dengan teman-teman gue yang baru ini. Iseng-iseng gue bawa hp kedalam WC dan gue download aplikasi AirAsia, nah disitu gue iseng-iseng baca-baca menjadi seorang Smart Traveller dan yap akhirnya gue iseng-iseng lagi yaitu cari penerbangan dari Pekanbaru ke Malaysia. Nah disitu pas pulak lagi promo jadi gue sibuk deh, terus gue minta izin sama bokap dan nyokap untuk liburan kesana, bokap gue kasih izin dan nyokap juga karena saudara gue besok (28 Juli 2014) udah pada berangkat kesana dari Batam.

 Terus nyokap telfon saudara gue yang hari itu masih di Batam kalo gue mau pergi, saudara gue bilang "ya udah ga apa toh, kan disana sambil liburan gitu" nyokap gue awalnya mau pergi tapi karna dia kayaknya ga mau lebaran disana akhirnya gue aja deh yang kesana, malamnya gue langsung beli tiket di Traveloka terus langsung bayar malam itu juga. Besoknya (28 Juli 2014) saudara gue pagi nya udah BBM kalo dia udah di pelabuhan international dan beberapa menit lagi udah mau berangkat, dan pas pulak pagi itu gue nya udah sibuk untuk siap-siap pergi besoknya. Gue cuci baju, jeans, underwear, sama baju baru yang gue beli online. Terus ambil koper, letakkan pakaian ke koper, bawa vitamin c dan macam lainnya. Jam 10 pagi gue langsung ke supermarket cari colokkan kaki 2, cari shampoo, cari deodorant dan banyak lainnya.

Malam itu gue ga sabar banget, nyokap udah bolak-balik kekamar nyuruh tidur cepat soalnya penerbangan International itu udah harus dibandara 2 jam sebelum keberangkatan. What ? Akhirnya gue tidur cepat tetapi jam 4 pagi gue udah bangun soalnya udah gelisah, mungkin karena ga sabar kali ya. Yaudah terus gue searching-searching, tentang cuaca di Pekanbaru pagi jam 10 sama cuaca di Malaysia terus sambil web self checkin AirAsia biar sesampai di bandara gue ga repot ini itu.

  Sebelum berangkat gue kasih makan dulu kucing-kucing kesayangan gue, terus gue bilang sama ni kucing kalo gue pergi dulu untuk liburan, jangan sakit soalnya kalo kucing sakit biasanya gue yang kasih obat sama nyokap yang ngurus, kalo kucing gue tiba-tiba sakit pas gue liburan kan kasihan nyokap. Nah jam 7 gue mandi terus siap mandi akhirnya gue kali ini bongkar-bongkar lemari mau cari baju yang pas untuk pergi dari Pekanbaru ke Malaysia biar enak dilihat gitu sama orang disana.

Jam 7.40 gue pergi dari rumah karena rumah gue sama bandara agak dekat jadi santai aja gitu, apalagi jam 7 pagi walaupun udah liburan di Pekanbaru arah ke bandara jarang macet. Akhirnya jam 8 pas gue tiba di Sultan Syarif Qasim 2 International Airport sampai disana gue mau cari Money Changer karena gue belum ada tukar duit dari Rupiah ke Ringgit. Akhirnya kita pencar, bokap cari money changer dibawah gue coba nunggu money changer yang diatas. Akhirnya money changer yang di lantai atas udah buka akhirnya gue telfon bokap untuk suruh keatas, dan akhirnya bokap yang bantu tukerin uang ke Ringgit. Di layar TV belum ada disuruh masuk ke ruang tunggu akhirnya gue duduk dulu sama bokap nyokap diluar ruang tunggu, gue masih browsing dulu sambil main fb sama chat teman gue, terus gue selfie sama bokap nyokap.

Nyokap gue yang cantik, bokap gue yang ganteng, gue nya yang imut.

Nah di layar tv yang tadi nya penerbangan AirAsia tadinya ga ada info, sekarang dilayar tadi berubah menjadi Masuk Ke Ruang Tunggu karena gue udah web self checkin di website AirAsia ya gue mah santai-santai aja dulu, ngapain cepet-cepet masuk ke ruang tunggu, apalagi bulan puasa gini agak malas nunggu lama-lama. Jam 8.30 akhirnya gue masuk ke ruang tunggu, tapi sebelum itu gue harus lewat di pemeriksaan keamanan, terus sudah berhasil dan gue ga ada bawa barang-barang yang berbahaya akhirnya gue lewat dan langsung ke tempat timbangan koper, disana gue timbang koper gue yang besar dan isi nya ga banyak amat sih, akhirnya kena Rp.400 Ribu. What thee.. Akhirnya gue minta duit rupiah dulu sama bokap gue yang masih nunggu gue didepan dan akhirnya dikasih Rp.500 Ribu rupiah, 100 ribu nya gue tabung untuk jajan kalo gue balik ke Indonesia lagi.

Jam udah menunjukkan jam 9 akhirnya gue harus melewati sistem keamanan yang kedua kalinya dan kali ini berhasil dan gue dibolehin masuk ke ruang tunggu tapi sebelum itu passport gue harus di cek dulu, benar atau ga, sama ga difoto yang di passport sama di kartu pelajar gue, akhirnya sama dan gue boleh dimasukkin. Jam udah menunjukkan jam 9.30 dan ini bosan banget deh gue nunggunya, lama lagi padahal berangkat jam 10 pagi. Untuk menghilangkan rasa bosan akhirnya gue dengerin musik deh, dan rata-rata yang diruang tunggu pada dengerin musik semua terus ada yang main Hay Day dan pokoknya macam-macam deh.

Jam udah menunjukkan jam 9.50 dan kita yang di ruang tunggu keberangkatan International disuruh baris menurut nomor tempat duduk dan gue nomor 19. Dan gue disitu sendiri yang berangkat, lihat yang lain pada pergi sama keluargannya, Akhirnya setelah nomor 18 dan 19 dipanggil, akhirnya gue sama strangers tadi jalan menuju ke pesawat. Sesampai di pesawat gue duduk duluan dan gue paling ujung dekat jendela. Ga beberapa menit semua penumpang udah di dalam pesawat semua dan akhirnya para pramugara dan pramugari kasih aksi safety biar kita nya selamat sampai tujuan.

Jam 12 waktu Malaysia akhirnya gue sama penumpang lainnya selamat dan sampai di Kuala Lumpur International Airport 2, disana airportnya bisa dibilang kayak Mall. Gilak itu tinggi airportnya sama dengan body pesawat! Akhirnya kita turun dari pesawat dan masuklah gue ke negara orang, dan disana kayaknya gue sendiri deh yang paling kecil walaupun badan gue gemuk sih.

Sebelum keluar akhirnya semua penumpang harus melewati keamanan lagi, mereka scan passport kita sama scan sidik jari. Setelah melewati sistem keamanan gue akhirnya ketemu sama oom dan tante gue, disana kita langsung cari tiket bus untuk ke pusat kotanya. Jam 1.30 waktu Malaysia kita berangkat dan gue ngantuk banget, akhirnya gue tertidur didalam bus. Dan tiba-tiba gue dibangunin karna nyokap telfon ke hp oom gue karena gue belum sempat beli kartu perdana hp.

  Akhirnya kita berhenti disalah satu stasiun bus dan kita harus jalan kaki untuk cari taksi, kalo cari taksi di Malaysia mah ga susah karena dipinggir jalan mereka banyak banget, berderet itu mungkin bisa. Akhirnya kita dapat taksi dan kita lanjut perjalanan untuk ke pusat kotanya, sesampai itu akhirnya gue sampai di hotel tempat penginapan saudara gue. Disana gue satu kamar sama saudara gue karena kamar udah ga ada yang kosong karena liburan juga kali yee.

Jam udah menunjukkan jam 7 malam dan kita keluar untuk cari tempat buka puasa, alhamdulillah waktu buka puasa akhirnya datang juga. Kita makan dengan self service jadi lauknya kita yang ambil sendiri dan setelah itu kita jalan-jalan dan cari tempat makan lagi


Dan sebelum pulang ke hotel gue langsung cari kartu perdana hp sama kakak saudara gue. Setelah itu gue telpon nyokap gue yang di Pekanbaru sana, dan sudah itu kita langsung jalan ke hotel lagi, sesampai di hotel gue telfon lagi nyokap gue. Jam udah menujukkan jam 10 malam dan akhirnya gue tidur karena besok gue harus bangun cepat untuk sholat idul fitri.

  Pagi pun menyinari bumi dan tante gue udah siap-siap dan akhirnya gue mandi dan ga berapa menit gue udah siap. Terus gue pasang baju muslim gue dan akhirnya gue, tante gue, adek saudara gue, dan nenek gue jalan kaki untuk pergi ke Jamek Mosque yang dekat dengan China Town. Sampai disana gue bingung dan pokoknya campur aduk deh, banyak orang India, depan, belakang, samping kiri, samping kanan dan belakang gue orang India. Setelah mendengarkan ustad ceramah dengan Bahasa Inggris kita langsung sholat idul fitri, dan setelah sholat idul fitri semua orang pada keluarkan hp nya masing-masing, mereka ada yang selfie, ada yang foto landmark dekat Jamek Mosque mungkin untuk dikirim ke keluarganya.

Setelah sholat idul fitri akhirnya kita cari tempat sarapan dan gue sarapan nasi goreng dan nenek gue mesan roti canai India, nah karena ga abis sama dia akhirnya gue disuruh bantu untuk habisin roti canai. Setelah kita sarapan kita akhirnya lanjut perjalanan pulang ke hotel tapi setelah itu kayaknya perut gue masih lapar deh dan akhirnya kita berhenti di KFC dan disana gue mesan burger sama teh.

  Setelah itu kita lanjutin perjalanan ke hotel yang jaraknya lumayan dekat sama KFC dan sesampai di hotel kita istirahat bentar karena jam 11 kita mau jalan-jalan lagi. Jam sudah menunjukkan jam 11 dan akhirnya kita keluar dari hotel dan kita jalan-jalan, kita pergi ke salah satu mall yang ada di Kuala Lumpur. Udah itu kita makan siang dan oom gue pergi mau pijat tradisional thailand* (kalo ga salah) nah kita nya jalan-jalan, gue lagi cari-cari sepatu sama celana olahraga, terus udah itu kita borong coklat. Setelah itu kita pulang lagi ke hotel dan kita mau pergi ke Surya KLCC karena besok gue udah pulang ke Batam. Sore jam 5 kita pergi lagi ke mall yang gue datangi tadi karena ada yang ketinggalan dan jam 6 sore kita langsung menuju ke Surya KLCC



Kita lagi cari angle yang bagus buat foto, dan akhirnya gue sama tante gue bereksperimen dalam mencari angle. Terus tante gue itu mau foto sama salah satu cewek bule, cuman karena cewek bule itu takut akhirnya gajadi dan bule itu tadi pergi. Terus kita masuk ke dalam Surya KLCC disana banyak brand-brand ternama yang sering dipakai sama Princess Syahrini kayak Prada, Burbery dan masih banyak brand fashion ternama lainnya. Terus kita iseng-iseng selfie pakai tongsis didalam sana dan gue ga sengaja foto didepan toko yang namanya ISETAN. Namanya ga enak didengar kan, dikira orang isi jualannya yang berhubungan dengan setan lagi

ISETAN?! WHAT?!
Nah terus kita kebawah karna nenek gue mau beli sepatu dan udah itu kita cari tempat makan lagi. Sesudah makan kita akhirnya pulang ke hotel dan kita mau cari barang-barang, cuman karena adek gue udah ngantuk akhirnya kita semua harus nunggu dia udah tidur. Jam menunjukkan jam 11 malam dan kita keluar keliling daerah situ jalan kaki sampai jam 12 malam, seru juga sih soalnya gue jarang tuh keliling kota jalan kaki terus keliling kotanya jam 11 malam lagi, biasanya jam segitu orang pada clubbing eh kita mah olahraga. Terus jam 12 malam kita pulang ke hotel tapi sebelum itu kita beli fried chicken dulu di KFC dan untungnya itu belum tutup. Sampai di hotel kita makan bareng terus nenek gue jam 12 pagi malah mandi tapi pakai air panas, terus dia bilang seger!! Terus gue tanya, "segar nek?" "segar lah pis, apis mau mandi?" dan akhirnya gue mandi dengan air panas itu dan alhasil badan gue segar terus gue lanjut tidur.

Jam udah menunjukkan jam 7 pagi dan kita udah siap-siap untuk check-out dari hotel itu dan setelah itu kita langsung cari tempat sarapan dan sudah itu kita naik busway terus ke stasiun bus untuk ke pelabuhan, nah sore nya kita sampai di pelabuhan dan jam 6 sore kita langsung berangkat naik kapal ke Batam. Jam udah menunjukkan jam 8 dan akhirnya kita sampai di Batam, kita cari taksi dan dapat dan kita langsung pulang kerumah. Nah setelah itu gue liburan lagi di Batam selama beberapa hari dan tanggal 5 Agustus 2014 gue balik ke Pekanbaru. 

Jam 11 gue berangkat ke Pekanbaru dan jam 1 siang gue udah sampai di Pekanbaru dengan selamat. Nah biasanya kalo orang baru pulang kan istirahat dulu kan tapi gue ga, gue langsung pergi kerumah teman gue, Julio. Soalnya gue udah beliin baju distro sama tas untuk Julio dan dia juga udah beli baju dari oleh-oleh Padang. Jam 2 siang gue pergi kerumah Julio dan jarak dari rumah gue sama rumah Julio juga ga jauh, ya dekat juga sih. Nah sebelum itu gue bingung cari dia dan dia bilang jangan kerumah dia dulu karena dia belum mandi dan gue udah pergi kesana tanpa pemberitahuan dia, wkwk tapi ga apalah. Terus gue nunggu agak jauh dari rumah dia dan gue langsung BBM dia dan gue bilang kalo gue udah sampai dan dia nunggu didepan rumah dia. Terus akhirnya gue sampai dirumah Julio dan gue ambil barang gue di jok dan gue disuruh masuk kedalam dan gue langsung dibawa ke kamar. Ih ngapain tuh? Eh kita cuman ngobrol-ngobrol aja kok, terus gue kasih oleh-oleh punya gue ke dia dan dia kasih oleh-oleh dari dia ke gue. Terus sudah ngobrol-ngobrol dan kasih oleh-oleh masing-masing akhirnya gue mau lanjut kerumah teman gue selanjutnya, Kevin. 


Disana gue udah ditungguin sama teman gue Kevin dan juga Defrian, nah udah itu gue sama Kevin dan Defrian jemput teman gue yang satu lagi, Fajri. Nah disana kita pergi bareng, tujuan kita mau ke rumah teman gue satu lagi, Rizki. Banyak amat teman gue yak?! Ya namanya juga gue, gue kan baik, teman yang epic jadi gue punya banyak teman. Nah akhirnya kita sampai dirumah Rizki, kita disana ngobrol-ngobrol lagi, pokoknya cipika-cipiki kayak ibuk-ibuk rumpi yang udah lama ga ketemu. Nah karena udah lama juga disana akhirnya kita pulang dan gue, Kevin dan Defrian mau antarin Fajri pulang. Dan setelah ngantarin Fajri pulang tujuan kita selanjutnya adalah makan-makan, dan kita makan Pangsit didekat-dekat rumah Defiran. Disana kita sambil nunggu akhirnya gue sama Defrian selfie lagi setelah beberapa bulan ga ketemu.

Setelah itu kita langsung menikmati Pangsit yang udah ada di depan kita masing-masing dan setelah itu akhirnya gue sama Defrian antarin Kevin pulang dan sesampai dirumah Kevin kita sempet cipika-cipiki sebentar dan setelah itu gue langsung pulang kerumah. Wah pokoknya seru liburan kali ini setelah ke Padang akhirnya ke Malaysia untuk lebaran. Dan mungkin kenangan ini bisa terulang lagi di tahun 2015 nantinya. 

Nah itulah perjalanan liburan gue yang epic banget. Oke gue mau ngucapin Selamat Tahun Baru 2015. Semoga blog gue ini bisa lebih banyak dijangkau lagi dan semoga resolusi yang ga sempet gue dan kamu capai di tahun ini bisa tercapai di tahun 2015 nanti. Oke, see you in 2015! 

You Might Also Like

0 comments